Rabu, 04 September 2013

Kereta Api Mutiara Timur

KA Mutiara Timur dioperasikan pertama kali pada tahun 1972 dengan menawarkan layanan kelas ekonomi dan bisnis. Sejak tanggal 7 April 1996 diluncurkan layanan baru dengan menggantinya menjadi kelas bisnis dan eksekutif. Kereta api ini sengaja di re-design untuk mereka pemerjalan bisnis dan eksekutif yang menginginkan perjalanan ke Pulau Bali dan sebaliknya. Lintas Surabaya – Banyuwangi dengan jarak 307 km ditempuh dalam waktu sekitar 6 jam 30 menit.Dalam perjalannya, kereta api dengan kapasitas 360 tempat duduk yang terdiri atas 2 kereta kelas eksekutif dan 4 kereta kelas bisnis ini berhenti di Stasiun Sidoarjo, Bangil, Probolinggo, Tanggul, Rambipuji, Jember, Kalisat, Kalibaru dan Rogojampi. Untuk penumpang yang akan meneruskan perjalanan dari Banyuwangi ke Denpasar dan sebaliknya disediakan bus eksekutif sebagai bagian dari keseluruhan pelayanan yang disajikan oleh PT. Kereta Api (Persero). Setiap harinya terdapat dua alternative perjalanan kereta api dari Surabaya – Banyuwangi dan dari arah sebaliknya dengan jadwal pemberangkatan pada pagi hari dan malam hari.
Fasilitas & Spesifikasi Teknis Kereta
Item
Keterangan
Interior
Desain disesuaikan dengan aspek estetika, keselamatan & kenyamanan, dilengkapi peredam suara & isolasi panas tidak mudah terbakar
Desain disesuaikan dengan aspek estetika, keselamatan & kenyamanan, dilengkapi dengan isolasi panas tidak mudah terbakar
Tempat duduk
·         Kapasitas 52 tempat duduk perkereta
·         Reclining & revolving seat system
·         Dilengkapi meja statis & sandaran kaki
·         Desain ergonomis
·         Kapasitas 64 tempat duduk perkereta
·         Revresing seat system
·         Desain ergonomis
Pintu ruangan
Sistem geser manual
Sistem geser manual
Jendela
Kaca tetap dupleks, lapisan laminasi isolator panas dilengkapi dengan tirai
Kaca tetap dupleks dapat dibuka bagian atas, lapisan laminasi isolator panas
Penyegar udara
2 set Air Condtioner (AC) perkereta
Kipas angin (fan)
Jenis bogie
K5/TB.398 dengan system suspense double: rubber pad dan coil springdilengkapi bolster anchor serta vertical shock absorber (memperhalus goncangan)
K5/TB. dengan system suspense double: rubber pad dan coil springdilengkapi bolster anchor serta vertical shock absorber (memperhalus goncangan)
Fasilitas keselamatan
Tabung pemadam kebakaran, emergency brake
Tabung pemadam kebakaran, emergency brake
Fasilitas lainnya
Toilet
Toilet



Beberapa video yang berkaitan dengan KA. Mutiara Timur :1. KA. 77 Mutiara Timur Berangkat


2. KA. Mutiara Timur Transportasi andalan para wisatawan






Sekian dan Terima Kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar